Top Menu

Advertisement

Advertisement
Zona perikanan

Arti dan Definisi Pemijahan Ikan

Minggu, 16 September 2018, 17.51 WAT
Last Updated 2021-06-24T18:34:29Z
Advertisement

Pemijahan merupakan proses pengeluaran sel telur oleh induk betina dan sperma oleh induk jantan yang kemudian diikuti dengan perkawinan. Pemijahan sebagai proses untuk perkembangbiakan secara ovipar serta untuk menambah jumlah populasi suatu jenis ikan. Proses pemijahan memerlukan kelayakan habitat tempat memijah agar proses pemijahan hingga telur menjadi larva dapat berlangsung dengan baik.


Proses pemijahan ikan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pemijahan diantaranya yakni faktor eksternal, faktor internal dan habitat pemijahan. Faktor faktor pemijahan ikan tersebut dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan pemijahan itu sendiri. 

pemijahan ikan
Proses Pemijahan Ikan Secara Buatan (Sumber :pontrenaan.blogspot.com)

Secara alami semua jenis ikan yang hidup diperairan bebas melakukan proses pemijahan, pemijahan ini berlangsung tanpa adanya campur tangan manusia, sehingga hal ini dapat dikatakan dengan pemijahan alami. Pemijahan secara alami memiliki tingkat keberhasilan yang rendah, hal ini dikarenakan tingkat kematangan gonad sulit ditentukan serta rawan terserang hama, penyakit dan predator.

TrendingMore