Top Menu

Advertisement

Advertisement
zona kampus lainnya

Pengertian Dari Belajar

Sabtu, 12 April 2014, 11.06 WAT
Last Updated 2021-06-24T18:34:43Z
Advertisement


Pengertian belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain. Dengan belajar, maka kemampuan mental semakin meningkat. Hal itu sesuai dengan perkembangan siswa yang beremansipasi diri sehingga ia menjadi utuh dan mandiri 


pengertian belajar


Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa adalah penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar. Proses belajar terjadi berkat siswa memperoleh sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Lingkungan yang dipelajari oleh siswa berupa keadaan alam, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, atau hal-hal yang dijadikan bahan belajar. Tindakan belajar tentang suatu hal tersebut tampak sebagai perilaku belajar yang tampak dari luar. Belajar dapat terjadi bila guru merencanakan supaya siswa belajar sesuatu tanpa mereka menyadari sedang belajar yang dimaksud oleh guru.  Misalnya : belajar melalui upacara bendera, siswa secara implisit dilatih belajar disiplin.
Rajin-rajinlah belajar dalam hal kebaikan demi memperoleh masa depan yang indah dan bahagia, ingat ilmu adalah mata uang yang berlaku di negara mana saja.

TrendingMore