Top Menu

Advertisement

Advertisement
zona kampus lainnya

Sungai Kampar

Jumat, 07 Maret 2014, 22.04 WAT
Last Updated 2021-06-24T18:34:46Z
Advertisement


            Sungai Kampar merupakan salah satu sungai besar yang terdapat di provinsi Riau. Bagian hulu sungai ini adalah daerah pegunungan kira-kira 150 km arah barat dari Kota Pekanbaru. Sungai ini merupakan gabungan dari 2 sungai, pada bagian hilir terdapat 2 sungai yaitu Sungai Kampar  Kiri dan Sungai Kampar yang bergabung menjadi Sungai Kampar kira-kira 5 km sebelah barat Desa Langgam. Sungai Kampar ini akhirnya mengalir ke selat Malaka yang terletak 80 km dari Desa Langgam. Sungai Kampar memilik panjang 413,5 km dan lebar 143 serta kedalaman 7,7 m, sedangkan luas aliran sungai (DAS) sekitar 2.186.000 Ha (Bappeda Tingkat II Kampar, 1997).

            Daerah aliran sungai Kampar / DAS Kamparmeliputi wilayah daerah aliran sungai hulu dan daerah aliran sungai hilir. Daerah aliran sungai Kampar bagian hulu meliputi beberapa kecamatan antara lain : XIII Kampar, Bangkinang, Kampar Kiri dan Siak Hulu, sedangkan daerah aliran sungai Kampar bagian hilir antara lain : Langgam, Pangkalan Kuras, Bunut  dan  Kuala Kampar (Nugroho dan Darwin, 1995).

Kondisi perairan Sungai Kampar yang masih bagus maka masih banyak terdapat jenis – jenis  ikan di perairan Sungai Kampar ini, terutama ikan selais (Cryptopterus limpok). Ikan selais yang hidup disana masih banyak juga jenis ikan yang hidup di Sungai Kampar, seperti ikan selais ompok (Ompok sp) ikan baung (Mystus sp), ikan tambakan (Helostoma sp), ikan juaro (Pangasius sp), ikan dan spesies ikan lannya.

TrendingMore